Saat Anda akan membeli telepon dari perusahaan pihak ketiga atau pasar, Anda harus berhati-hati. Kami mengatakan ini karena ponsel juga dapat mengunci SIM. Karena itu, masuk akal untuk mempelajari cara memeriksa apakah perangkat tidak terkunci atau terkunci. Di bawah ini, kami menjelaskan perbedaan antara kedua handset tersebut, dan membagikan dua cara untuk memeriksa apakah ponsel tidak terkunci atau dikunci oleh operator.

Periksa apakah Telepon Tidak Terkunci

Perbedaan Utama Antara Ponsel Terkunci dan Tidak Terkunci

Saat membeli smartphone, Anda memiliki dua opsi. Anda dapat membeli telepon terkunci, atau Anda dapat membeli telepon yang tidak terkunci. Yang terbaik adalah mengetahui perbedaan antara kedua istilah ini sehingga Anda dapat membuat keputusan pembelian yang tepat.

Telepon tidak terkunci – adalah telepon yang dijual oleh perusahaan secara langsung atau tidak langsung. Misalnya, jika Anda membeli ponsel dari outlet ritel perusahaan atau reseller resmi handset. Ini juga disebut sebagai telepon yang tidak terkunci pabrik. Manfaat membeli ponsel yang tidak terkunci adalah Anda dapat menggunakannya di semua operator di seluruh dunia. Plus, ini memiliki nilai jual kembali yang lebih tinggi.

Ponsel terkunci – adalah ponsel yang dijual oleh operator seperti Verizon atau AT&T. Dan itu terkunci ke jaringan operator tertentu. Karenanya, Anda tidak dapat menggunakannya pada operator mana pun selain yang dikunci. Anda tidak akan dapat melakukan panggilan jika Anda mencobanya. Ini berarti Anda harus menggunakan operator yang sama saat bepergian, yang dapat mengakibatkan biaya roaming yang mahal.

Biasanya, perangkat yang terkunci memiliki masa kontrak 1-2 tahun. Dan setelah dewasa, operator mungkin bersedia membuka kunci ponsel Anda. Setelah Anda membayar seluruh jumlah kontrak atau setelah kontrak berakhir, Anda harus menghubungi operator untuk membuka kunci perangkat.

Di bawah ini adalah cara memeriksa apakah perangkat terkunci atau tidak terkunci.

1. Periksa apakah Telepon Tidak Terkunci atau Tidak melalui Kartu SIM

Cara termudah untuk memeriksa apakah ponsel Anda terkunci atau tidak terkunci adalah dengan mengeluarkan SIM di dalamnya dan memasukkan kartu SIM operator lain. Anda dapat menghubungi penjual independen dan memintanya untuk mengizinkan Anda memasukkan SIM yang berbeda. Saat kamu melakukan:

  • Hubungi seseorang dengan kartu SIM saat ini terlebih dahulu. Ini membantu memastikan perangkat berfungsi pada SIM yang ada.
  • Matikan telepon Anda, lepaskan baki SIM, keluarkan SIM, dan masukkan SIM operator lain.
  • Aktifkan perangkat
  • Periksa apakah SIM baru diterima atau ditolak

Anda kemudian dapat menguji SIM baru dengan melihat sinyal operator dan melakukan panggilan. Telepon yang tidak terkunci akan memungkinkan panggilan dilakukan. Biasanya, jika ponsel terkunci dan Anda memasukkan SIM operator lain, pesan pop-up akan menampilkan “sim tidak didukung”. Dalam beberapa kasus, ikon SIM akan muncul di bilah sinyal dengan garis miring atau tanda silang di depannya.

2. Gunakan Metode IMEI untuk Memeriksa Telepon Terkunci atau Tidak Terkunci

Nomor IMEI juga dapat membantu Anda menentukan apakah ponsel terkunci atau tidak terkunci:

  1. Anda harus terlebih dahulu menemukan nomor IMEI dari ponsel yang akan Anda beli. Untuk memeriksa IMEI, tekan * # 06 # pada dialpad jika perangkat bersama Anda, atau minta dari penjual.

periksa apakah ponsel terkunci

  1. Arahkan ke halaman pengecekan IMEI profesional kami: https://www.unlockboot.com/iphone-imei-checker/
  2. Ketik nomor IMEI dan tekan “Enter.”
  3. Setelah dicentang, informasi ponsel Anda akan muncul. Pilih opsi yang bertuliskan “SIM LOCK & WARRANTY”.
  4. Setelah selesai memeriksa IMEI, itu akan menampilkan operator yang dimiliki ponsel tersebut. Anda juga akan mengetahui apakah ponsel terkunci atau tidak terkunci.

Selain langkah-langkah ini, Anda juga dapat menggunakan alat pemeriksa daftar hitam profesional kami untuk memeriksa status daftar hitam IMEI. Ini akurat dan akan memberi Anda lebih banyak detail tentang telepon.

Jika ternyata ponsel Anda terkunci SIM, Anda dapat memanfaatkan layanan profesional kami untuk membuka kunci ponsel secara permanen melalui IMEI.

Kami harap tutorial di atas membantu Anda mengetahui apakah ponsel Anda tidak terkunci atau terkunci. Beri tahu kami hasilnya di komentar di bawah.